Tips Jitu Bagi Peternak Telur di Yogyakarta Supaya Lekas Sukses

Januari 04, 2018

Peternak telur di Yogyakarta saat ini memang sangatlah banyak menyusul kebutuhan telur oleh masyarakat yang cenderung meningkat. Kini telah banyak berdiri gerai atau agen-agen penjual telur ayam negeri yang berjajar di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan telur bagi mereka, bisnis peternakan ayam petelur yang memproduksi telur ayam negeri merupakan bisnis dengan prospek cerah dan menguntungkan. Dengan perencanaan, pengelolaan dan tindak lanjut yang tetata maka bisnis peternakan telur ayam akan semakin menghasilkan pundi-pundi rupiah yang melimpah.
Tips dan Kiat Sukses Bagi peternak telur di Yogyakarta
Bagi yang berminat dan hendak memulai bisnis peternakan telur ayam negeri, terdapat beberapa tips bagi peternak telur ayam di Yogyakarta yang dapat membuat bisnis peternakan semakin maju dan berkembang. Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.
-          Merencanakan usaha secara matang
Hal yag pertama kali harus dilakukan saat memulai bisnis peternakan ialah merencanakan usaha secara matang dan maksimal. dalam perencanaan usaha, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan penyelesaiannya jika suatu saat terkendala masalah. Hal-hal tersebut antara lain proses persiapan apa saja yang harus dilakukan, resiko naik turunnya harga, kondisi pasar, berbagai penyakit yang mungkin menjagkit, cuaca dan masih banyak lagi.
-          Menyiapkan modal
Setelah merencanakan usaha secara matang, saatnya menyiapkan modal. Tentu saja persiapan modal tidak serta merta dilakukan begitu saja namun tetap memerlukan survey dan analisis biaya sesuai skala usaha yang hendak dilaksanakan.
-          Menentukan lokasi kandang
Sebelum berpikir tentang cara memperoleh agen telur ayam , hal yang harus dilakukan ialah menentukan lokasi dimana kandang peternakan ayam akan dibangun. Sebaiknya lokasi peternakan dibangun di kawasan yang jauh dari pemukiman, jauh dari hiruk pikuk kendaraan atau suara bising lainnya karena dapat menimbulkan stress pada ayam. Jia ayam mengalami stress, maka tingkat produktifitasnya akan menurun drastis.
-          Membuat kandang standar
Setelah menentukan lokasi kandangnya, kini saatnya membuat kandang peternakan ayam petelur yang memenuhi standar. Desain kandang ayam pun juga harus diperhatikan dan direncakanan secara matang. Buatlah kandang dengan desain yang memberi kenyamanan bagi ayam-ayam supaya lebih produktif dalam menghasilkan telur. selain jauh dari pemukian warga, kandang yang baik ialah yang mmiliki ventilasi cukup, desain panggung dan posisi lantai yang miring supaya memudahkan penampungan telur di bagian sisi kandang serta memudahkan dalam membersihkan kotoran ayam yang akan langsung jatuh ke bawah.
-          Menentukan skala usaha
Tentukan skala usaha denga perhitungan yang matang antara modal yang ada, luas kandang, kapasitas tampungan ayam pada kandang, biaya produksi serta permintaan pasar. Jika perhitungan sudah pas maka tak akan terjadi masalah atau kendala berarti pada saat panen dan mendistribusikan telur pada agen atau usaha jual telur yang sudah menjadi konsumen atau pelanggan.
-          Menyiapkan fasilitas dan sarana
Hal yang tak kalah penting dalam keberhasilan bisnis peternakan ayam petelur ialah penyediaan sarana dan fasilitas. Yang dimaksud adalah adanya sarana transportasi untuk mendistribusikan telur pada agen atau penjual. Moda trasportasi yang dapat digunakan antara lain motor dengan box khusus, mobil bak terbuka atau mobil box. Sediakan layanan pesan antar supaya konsumen lebih puas dan tertarik.
Demikianlah beberapa tips dan langkah sukses bagi peternak telur di Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

Distributor TELUR SURABAYA

Kami adalah Supplier Telur Ayam di Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak