Kumpulan cara sukses berdagang telur dalam peningkatan produktifitas telur

Januari 25, 2018

Cara sukses berdagang telur tetu ingin diketahui oleh masyarakat khususnya yang menggeluti bisnis di bidang telur. terdapat berbagai jenis bisnis di bidang telur ayam negeri yang dapat dijalankan, mulai dari berdagang, menjadi distributor hingga menjadi peternak ayam petelur. Masing-masing jenis bisnis telur di atas mampu mendatangkan keuntungan yang tinggi. Telur adalah salah satu bahan sembako yang tergolong dalam jenis lauk dengan nutrisi yang tinggi.
Meskipun mengandung nutrisi yang sangat beragam, harga telur relatif terjangkau. Itulah sebabnya telur selalu masuk ke dalam kebutuhan primer masyarakat. Tak hanya digunakan sebagai lauk saja, namun telur ayam ras atau ayam negeri juga digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan makanan di industry makanan.

Kumpulan cara sukses berdagang telur dalam peningkatan produktifitas telur
Ketika memutuskan untuk menggeluti bisnis dagang telur ayam, akan lebih menguntungkan lagi jika beternak sendiri. Beternak ayam tentu dimulai dari persiapan kandang, bibit ayam petelur, proses dan Teknik beternak hingga pemanenan telur yang siap untuk dijual pada distributor maupun konsumen secara langsung. Berikut ini adalah beberapa cara berdagang telur dengan produk telur ternak sendiri:
  • Menyediakan kandang yang tepat dan mendukung tumbuh kembang dan produktivitas telur
Cara sukses berdagang telur ayam negeri dengan beternak sendiri yang pertama adalah menyediakan kandang ayam petelur yang tepat. Terdapat beberapa jenis kandang ayam yang dapat diaplikasikan. Salah satu jenis kandang ayam yang banyak digemari adalah kandang ayam dengan model baterai.
Kandang ayam model baterai memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan model kandang ayam lainnya. Desain kandang yang lebih sempit membuat ruang gerak ayam cenderung sedikit dan tidak menguras tenaga mereka. Kandang baterai juga mempemudah dalam memberi makan dan mengambil hasil panen telur. bahkan kandang juga dapat dengan mudah dibersihkan karena kotorannya mengumpul jadi satu. Ukuran kandang baterai ada bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan jumlah ayam yang diternak. Semakin banyak jumlah ayam petelur yang diternak, maka semakin besar pula kandang baterai yang diperlukan.
Lokasi yang tepat dalam mengandangkan ayam petelur juga sangat perlu diperhatikan sebagai salah satu cara berdagang telur yang dimulai dari beternak. Ayam petelur pada umumnya mudah terjangkit stress. Untuk itu, kandang harus diletakkan pada kawasan persawahan atau yang terbebas dari kebisingan hingar bingar jalan raya.
Kandang ayam juga sebaiknya terletak jauh dari pemukiman warga. Selain resiko stress ayam menjadi kecil, bau kotoran ayam juga tak akan mengganggu warga. Untuk itu, kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan dan pembersihan kotorannya harus rutin dilakukan. hal ini sangat perlu supaya tidak menimbulkan bau tak sedap yang sangat menyengat.
  • Menambah asupan pakan ayam
Untuk meningkatkan produktifitas telur ayam ras, selain mempersiapkan kandang yang berkualitas juga dapat dilakukan penambahan asupan pakan. Sama seperti jenis ayam lainnya, ayam petelur juga membutuhkan asupan nutrisi yang pas dari pakan yang diberikan. Kualitas telur akan sangat bergantung pada pakan yang diberikan pada ayam dalam masing-masing tahapan fasenya.
Berikut ini adalah tahapan fase yang dialami ayam ras yang dapat dijadikan landasan pengetahuan yang termasuk dalam tips sukses berdagang telur:
1.      Fase starter
Fase starter merupakan fase dimana ayam petelur berumur 0 hingga 5 minggu. Pada fase ini, ayam membutuhkan perhatian berupa alas yang tebal. Ketebalan alas yang pada kandang ayam pada usia ini adalah 5 hingga 10 cm. Selain alas, pada usia ini ayam petelur juga harus dijaga suhu ruangnya kurang lebih 35 derajat celcius.
Pakan ayam juga wajib diberikan secara teratur supaya nutrisi yang dibutuhkan ayam dapat terserap optimal. Ciri-ciri ayam petelur yang sehat dalam fase ini antara lain memiliki bentuk tubuh normal, kisaran berat ayam antara 30 sampai 35 kg, bulu kering dan tidak lengket, ayam energik dan pusar tertutup secara sempurna.
2.      Fase grower
Fase selanjutnya adalah fase grower. Ayam pada fase ini berumur 5 sampai 23 minggu. Pada fase ini, ayam membutuhkan asupan nutrisi khususnya protein sebanyak 20%. Berat badan ayam pada fase ini juga bertambah dari fase sebelumnya. Koefisien pertambahan berat badan sebesar 8%.
3.      Fase produksi
Setelah fase grower, masuklah ayam pada fase produksi. Pada fase ini ayam umumnya berusia 24 minggu. Karena memasuki fase produksi telur, maka terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya produksi telur bisa maksimal antara lain pemberian pakan, nutrisi dan vaksinasi. Supaya dapat memperoduksi telur berkualitas yang melimpah, tingkatkan pakan dengan rasio protein hingga 18%.
  • Melakukan vaksinasi secara teratur
Untuk menjaga kesehatan ayam petelur, vaksinasi juga harus dilakukan supaya ayam terbebas dari berbagai penyakit dan bakteri. Perlu diketahui bahwa penyakit serta virus yang menjangkir unggas terutama ayam akan sangat mudah menular pada unggas lainnya. untuk itu, berikan vaksin berupa suntikan atau dengan mencampurkan pada pakan secara rutin sesuai dengan dosis dan takaran yang semestinya.
  • Bekerjasama dengan distributor dan konsumen yang tepat
Selanjutnya, diperlukan strategi jual telur yang tepat untuk dilakukan. Percuma saja produktivitas telur melimpah namun pembeli telur tidak teroganisir secara maksimal. Untuk tu, lakukan kerjasama dengan para distributor atau penjual telur grosir maupun eceran untuk dijadikan pembeli pelanggan. Lakukan promosi menggunakan metode konvensional maupun modern supaya produk telur semakin dikenal. Berikan pula harga yang lebih nersahabat supaya lebih banyak lagi konsumen yang mendekat dan berminat membeli telur dari peternakan Anda.
Demikianlah beberapa cara sukses berdagang telur yang dapat dilakukan dengan meningkatkan produksi telur. Dengan beberapa cara di atas, maka pemenuhan kebutuhan masyarakat akan telur akan berjalan dengan baik. Kebutuhan masyarakat akan telur yang selalu meningkat membuat bisnis telur juga semakin memiliki prospek yang baik.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

Distributor TELUR SURABAYA

Kami adalah Supplier Telur Ayam di Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak