Tahapan usaha telur ayam asin agar sukses

Januari 26, 2018

Usaha telur ayam asin kini mulai dilirik oleh masyarakat. Jika biasanya telur asin identik dengan telur unggas jenis bebek, saat ini telur ayam asin menjadi trendsetter tersendiri. Selain bahannya yang lebih mudah diperoleh, telur ayam asin juga lebih mudah dibuat. Rasa dari telur ayam asin juga tak kalah nikmat dari telur asin bebek pada umumnya.
Sama seperti telur asin bebek, telur ayam asin juga melalui beberapa tahapan pengolahan sehingga menghadirkan rasa asin yang pekat. Rasa gurih telur yang bercampur dengan rasa asin yang pekat membuat cita rasa unik pada olahan telur yang satu ini. Telur ayam juga dapat dijadikan lauk pilihan yang dapat tahan lama. Salah satu tujuan dari pengasinan telur ayam selain membuat cita rasa unik juga agar telur dapat lebih awet.
Tahapan usaha telur ayam asin agar sukses
Telur ayam asin memang belum se-booming telur bebek asin yang memang sudah dikenal luas oleh masyarakat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, sebenarnya tugas pebisnis telur ayam asin khususnya yang masih pemula memang cukup berat karena harus memasarkan jenis olahan yang tergolong baru dan belum banyak diketahui.
Namun hal ini justru menjadi tantangan tersendiri. Jikalau berhasil dalam membina usaha telur ayam asin, maka omset dan keuntungan yang diperoleh akan jauh lebih tinggi. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah masih sedikitnya pesaing. Bagi para pemula bisnis telur ayam asin, berikut ini adalah tahapan-tahapan membuka bisnis ini:
  1. Memperhitungkan modal usaha
Dalam membangun sebuah bisnis, selalu dibutuhkan yang namanya modal usaha. Apapun itu bisnisnya, modal harus selalu ada. Baik kecil atau besar nominalnya namun modal selalu menjadi tonggak awal seseorang dalam menitih karier bisnis. Tak pelak dengan bisnis telur ayam asin. Memperkenalkan produk inovasi baru dari telur ayam pastilah membutuhkan cara memasarkan telur asin yang jitu untuk menembus pasar nasional. Bahkan bisa saja menyasak pasar internasional.
Modal awal sangat perlu diperhitungkan dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Secara garis besar, terdapat dua jenis bahan yang langsung dapat diperkirakan yakni telur ayam dan garam. Kedua bahan ini adalah bahan baku pembuatan telur ayam asin. Selain kedua bahan tersebut, diperlukan beberapa bahan pelengkap lainnya serta peralatan pengolahan sebagai modal awal usaha. Kalkulasikan modal dengan rinci dan tentukan harga jual yang tepat sehingga dapat meraih keuntungan yang cukup.
Misalnya saja harga telur per butir Rp.1.500,- dan garam per kg adalah Rp.2.500,-. Sedangkan harga jual telur ayam asin per butir berkisar Rp.3000,- hingga Rp.3.500,-. Anda dapat mengkalkulasikan keuntungan dari bisnis telur ayam asin tersebut.
  1. Memperhatikan kualitas telur
Dalam membangun usaha telur ayam asin, kualitas telur yang hendak diolah harus sangat diperhatikan. Telur ayam asin akan terasa lezat dan lebih tahan lama apabila pengolahannya menggunakan telur ayam berkualitas. Sebaiknya, pilih telur dengan ukuran sedang dan besaran yang sama supaya mudah dalam proses penjualannya.
Pastikan pula telur yang diolah merupakan telur fresh atau telur segar dari peternak. Supaya kesegaran telur lebih terjamin, ambilah telur dari peternak langsung. Selain telur yang diperoleh selalu fresh, keunggulan telur dari peternak langsung ialah harganya jauh lebih terjangkau. Harga yang lebih terjangkau dari peternak telur ayam negeri langsung dapat menekan biaya modal dan akan membuat keuntungan yang diperoleh semakin besar.
  1. Mengemas telur ayam asin dengan menarik
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha telur ayam asin adalah proses pengemasannya. Telur ayam asin akan dilirik banyak konsumen jika rasanya enak dan tampilannya menarik. Konsumen akan terlebih dahulu melihat kemasan telur yang akan menjadindaya tarik paling pertama. Setelah mereka tertarik, maka mereka akan membeli. Barulah setelah mengetahui rasa telur yang lezat, mereka akan menjadi pelanggan tetap. Oleh karenanya, kemasan dan cita rasa telur ayam asin haruslah menjadi prioritas utama.
  1. Melakukan pemasaran offline
Selain memperhatikan cita rasa dan pengemasan, dalam membangun usaha telur asin aneka rasa juga harus memiliki strategi pemasaran yang jitu. Pemasaran telur ayam asin sangat penting karena menjadi sarana serta media masyarakat untuk semakin mengenal dan mejadi tertarik dengan produk telur ayam asin. Apalagi telur ayam asin adalah produk inovasi baru yang memang membutuhkan strategi pemasaran yang tepat supaya dikenal lebih luas. Pemasaran dapat dilakukan secara offline maupun online. Yang dibahas kali ini adalah pemasaran offline. Anda dapat melakukan penawaran langsung ke toko-toko makanan, mini market atau swalayan. Jangan lupa untuk mengemasnya secantik mungkin dan memberi harga promo khusus supaya mereka tertarik untuk menjajakan produk Anda. Namun tetaplah perhitungkan keuntungan yang wajib diperoleh.
  1. Melakukan pemasaran online
Selain pemasaran offline, dalam membangun usaha telur ayam asin juga dibutuhkan pemasaran online. Saat ini sudah memasuki era globalisasi yang membuat teknologi informasi dan komunkasi semakin canggih. Salah satu buktinya adalah jaringan internet yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana onlne berbagai hal termasuk bisnis telur ayam asin.
Gunakan website untuk memasarkan telur ayam asin secara informatif. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai media social yang dapat membuat produk telur ayam asin Anda semakin diminati. Jangan lupa untuk cantumkan contact person yang jelas dan selalu aktif.
Demikianlah beberapa tahapan untuk membuka usaha telur ayam asin yang peminatnya semakin banyak. Supaya bisnis telur ayam asin yang memang belum banyak dikenal layaknya telur bebek asin memang membutuhkan usaha ekstra. Mulai dari proses persiapan, pembuatan hingga pemasaran harus selalu menomorsatukan kualitas supaya menarik lebih banyak konsumen.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

Distributor TELUR SURABAYA

Kami adalah Supplier Telur Ayam di Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak