Kandungan Telur Ayam dan Berbagai Manfaatnya

Januari 04, 2018

Kandungan telur ayam memang perlu kita ketahui agar kita tahu apa saja berbagai macam nutrisi yang terdapat pada salah satu bahan pokok yang sering dicari ini. Pemenuhan gizi bagi tubuh manusia memang bisa dicari lewat telur ayam baik telur ayam kampung maupun telur ayam negeri/ ras. Telur ayam sendiri tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai makanan, tapi ada juga yang menggunakan kandungannya untuk manfaat kecantikan, manfaat obat seperti jamu misalnya untuk menambah stamina, dan sebagainya.
Berbagai kandungan telur ayam dan manfaatnya
Telur ayam sangatlah legendaris sebab kita tahu bahwa telur ayam mengandung protein yang sangat tinggi. Belum lagi harganya yang tergolong murah, menjadikannya bahan makan favorit. Penasaran dengan kandungan apa saja yang terdapat di dalam telur ayam selain proteinnya? Berikut ini simak:
·         Bagian Telur Ayam yang dapat dikonsumsi = 90 %
·         Karbohidrat = 0,7 gr
·         Vitamin A = 900 IU
·         Vitamin B1 = 0,1 mg
·         Vitamin C = 0 mg
·         Protein = 12,8 gr
·         Lemak = 11,5 gr
·         Energi = 162 kkal
·         Zat Besi = 3 mg
·         Fosfor = 180 mg
·         Kalsium = 54 mg

Itulah sekilas berbagai macam nutrisi kandungan telur ayam yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi khususnya nutrisi semacam protein, vitamin, zat besi, kalsium, dan fosfor maupun energi dan lemak untuk menambah tenaga.
Lalu apa saja manfaat telur ayam negeri bagi kesehatan?
1.      Menjaga berat badan agar tetap sehat
Telur jika dikonsumsi dapat memberikan kandungan nutrisi berupa protein dengan asam aminonya. Kandungan ini juga berguna untuk mengatur seberapa banyak kalori yang akan diserap oleh tubuh. Ketika Anda ingin mempertahankan berat badan ideal maupun sedang diet penurunan berat badan, maka pilihlah makanan yang rendah kalori namun kaya akan gizi seperti telur ayam negeri ini.
2.      Membantu dalam perkembangan otak
Dari kandungan vitamin B kompleks serta choline yang terdapat dalam kuning telur ayam, maka dapat semakin membantu fungsi dari sistem syaraf. Bahkan choline ini membantu perkembangan otak bayi/ janin bagi ibu yang sedang hamil ketika dikonsumsi.
3.      Menjaga kesehatan mata
Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata, maka cobalah konsumsi telur khususnya pada bagian kuning telur berkat manfaat kandungan telur ayam negeri Karotenoid lutein danzeaxanthin di dalamnya. Karotenoid ini sebetulnya adalah pigmen berwarna yang memberikan warna kuning pada bagian kuning telur tersebut. Karotenoid ini mampu menurunkan resiko Anda untuk terkena sakit mata seperti dan katarak dan penurunan daya lihat akibat bertambahnya umur/ tua.
4.      Membantu hilangkan jerawat bandel
Tidak hanya untuk dimakan, tetapi Anda juga bisa memanfaatkan telur sebagai masker untuk menghilangkan jerawat bandel. Hanya dengan memisahkan bagian putih telur dengan kuningnya, kemudian gunakan putih telur ayam tersebut untuk masker di wajah berjerawat. Masker ini juga bisa untuk mengencangkan kulit.
5.      Menjaga stamina
Telur biasanya juga digunakan sebagai obat kuat alias mempertahankan stamina khususnya bagi para pria sebelum bertempur di ranjang. Anda para pria dapat memakai bagian kuning telur mentahnya yang bisa dicampur dengan bahan lainnya seperti susu, jahe, dan madu.
Itulah tadi beberapa manfaat dari kandungan telur ayam yang memang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, kecantikan, dan tentunya menjaga ketahanan stamina Anda. Tapi ingat untuk memilih telur yang masih dalam kondisi baik.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

Distributor TELUR SURABAYA

Kami adalah Supplier Telur Ayam di Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak