Kiat dan Cara Bisnis Telur Ayam Negeri Agar Sukes

Januari 24, 2018

Cara bisnis telur ayam negeri saat ini menjadi salah satu informasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini menyusul semakin banyaknya minat masyarakat berbisnis telur ayam negeri yang memang memiliki prospek bagus. Telur ayam rasa tau yang sering dikenal sebagai telur ayam negeri tergolong dalam bahan lauk yang hampir selalu dibutuhkan oleh setiap kapita di seluruh wilayah Indonesia. Telur mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Walaupun mengandung beragam nutrisi, tapi harga telur ayam negeri tetap jauh di bawah daging atau ikan. Telur juga lebih mudah diperoleh karena banyak tersedia di berbagai tempat. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis lauk lainnya, telur memiliki tingkat ketahanan yang paling bagus jika disimpan pada suhu ruang. Hal ini dikarenakan telur dilindungi oleh cangkang dengan tekstur keras.
Kumpulan Kiat dan Cara Bisnis Telur Ayam Negeri
Tak hanya masyarakat rumah tangga saja yang menjadi konsumen setia telur ayam negeri setiap harinya. Kini telur ayam ras juga memiliki lingkup pasar yang lebih luas lagi. Hal ini dikarenakan banyaknya industry makanan yang berkembang dengan menjadikan telur ayam negeri sebagai salah satu bahan utamanya. Tak heran jika bisnis telur ayam negeri menjadi salah satu bidang usaha yang mendatngkan keuntungan tinggi. Bagi para pemula atau yang sudah menjalankan bisnis telur, berikut ini adalah beberapa cara bisnis telur ayam negeri yang dapat membuat usaha telur menjadi semakin sukses.
-          Menentukan lokasi strategis untuk berbisnis
Berkecimpung di dunia jual beli telur ayam negeri untuk pertama kali tentu bukanlah suatu hal yang mudah. Sama seperti jenis bisnis lainnya, supaya bisnis penjualan telur ayan negeri berjalan dengan lancar, siperlukan etos kerja tinggi dan cara berbisnis yang tepat. Cara pertama yang menjadi tonggak awal dalam perjalanan bisnis telur adalah menentukan lokasi bisnis. Penentun lokasi bisnis ini menjadi cara berjualan telur yang sagat dasar.
Hal ini karena lokasi berjualan telur akan mempengaruhi segala hal termasuk omset pemasukan. Pilihlah lokasi yang strategis. Telur adalah salah satu bahan sembako yang banyak dibutuhkan oleh masyaraat. Untuk itu, gerai telur sebaiknya dibuka di lokasi yang dekat dengan pemukiman warga. Bahkan bagi ANda yang memiliki rumah memadai, bisnis penjualan telur dapat dilakukan di rumah. Selain dapat menghemat biasa sewa atau membeli toko, mobilitas juga menjadi lebih mudah.
-          Menentukan pemasok telur yang sudah professional dan besar
Setelah menentukan lokasi dimana hendak menjalankan bisnis telur, cara bisnis telur ayam negeri yang selanjutnya adalah dengan menentukan pemasok telur. Langkah ini juga tak kalah penting karena akan berpengaruh langsung terhadap kualitas produk telur yang akan dipasarkan pada konsumen. Produksi telur ayam di berbagai wilayah di Indonesa masuk dalam kategori melimpah. Karena tersedia banyak agen atau distributor telur, justru hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk menentukan agen mana yang pas untuk dipilih.
Anda harus berhati-hati dan selektif dalam memiliki agen atau pemasok sehingga tak salah pilih. Sebagai tips, pilihlah pemasok yang memang sudah professional, lama beroperasi dan sudah berskala besar. selain ketersediaan telur melimpah, perputaran pada agen besar juga terjadi dengan baik. Hal ini tentu akan membuat perolehan telur selalu berkualitas. Bahkan jika bisa, bekerjasama langsung pada peternak akan jauh lebih baik. Telur yang dipasarkan akan jauh lebih fresh dan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Harga telur dari peternak langsug tentu saja akan jauh lebih murah dibandingkan dari agen pemasok.
-          Melakukan siasat pasokan telur
Setelah memperoleh agen pemasok atau bekerjasama dengan gerai usaha ternak telur ayam secara langsung, jangan tenang dahulu. Hanya memiliki satu pemasok akan sangat berpengaruh pada pasokan dan persediaan telur dalam bisnis yang dijalankan. Bayangkan saja jika pemasok atau peternak telur Anda sedang mengalami masalah atau tidak bisa beroperasi karena sesuatu hal. Jika nda hanya memiliki satu agen pemasok saja pasti akan berpengaruh negative pada persediaan telur pada gerai Anda. Supaya hal ini tak terjadi, maka sebaiknya tentukan pemasok alternative. Tentukan jadwal pasokan yang tepat meskipun dengan kapasitas berbeda. Dengan begitu, apabila salah satu dari pemasok sedang mangalami endala, Anda tak perlu khawatir. Masih ada pemasok lain yang mencukupi kebutuhan telur pada bisnis Anda.
-          Menentukan strategi pemasaran telur
Dalam menjalankan sebuah bisnis termasuk bisnis telur,strategi pemasaran telur sangat perlu diperhatikan. Mampu memnuka gerai penjualan telur secara grosir maupun eceran dengan kualitas layanan prima saja tidak cukup. Masih diperlukan strategi promosi dan pemasaran supaya masyarakat hingga industry makanan skala kecil maupun besar mengenal gerai telur Anda dan tertarik untuk mengunjungi. Promosi dapat dilakukan memalui media online atau konvensional seperti pamphlet, brosur dan yang lainnya. penempelan brosur atau pamphlet dapat dilakukan di tempat-tempat strategis. Bahkan Anda juga dapat melakukan penawaran langsung dengan membawa serta roduk telur yang dijual kepada calon konsumen seperti toko kelontong, rumah makan, tukang sayur keliling dan masih banyak lagi.
-          Memberikan harga yang kompetitif
Cara yang terakhir dalam membangun dan menajukan bisnis telur adalah dengan memberikan harga yang kompetitif. Karena banyak pesaing bisnis telur lain yang juga getol memasarkan produk telur mereka, Anda harus pandai-pandai mensiasati pasar supaya dapat terus bertahan. Selisih harga yang hanya sedikit tetap akan memberikan sugesti pada konsumen untuk membeli telur pada gerai Anda. Sebaiknya memperoleh keuntungan yang tak terlalu banyak namun konsumen terus berdatangan dan perputaran telur ayam lancar.
Berbisnis telur ayam negeri tentu membutuhkan kiat dan strategi yang tepat sehingga dapat bertahan di tengah persaingan ketat. Banyak pebisnis telur lainnya yang menjadi competitor. Namun dengan melakukan beberapa cara bisnis telur ayam negeri yang dijelaskan di atas, maka bisnis telur pun akan berjalan dengan lancar dan berkembang. Semakin banyak konsumen dan pelanggan yang mempercayai, maka jangan abaikan kualitas pelayanan supaya mereka tidak lari ke tempat lain.

You Might Also Like

0 komentar

Tentang Kami

Distributor TELUR SURABAYA

Kami adalah Supplier Telur Ayam di Surabaya dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak